Combine

Hellones

Vertical1

Culture

Vertical2

Update

Live

Update

48 Arena

Popular Posts

Vertical2

Portfolio

You are here: Home / , , Orang Ini Bisa Mengembalikan Buku Tua yang Udah Rusak Menjadi Baru Seperti yang Dijual di Toko Buku!

Orang Ini Bisa Mengembalikan Buku Tua yang Udah Rusak Menjadi Baru Seperti yang Dijual di Toko Buku!

| No comment
Daripada buku tua mu kamu buang karena udah rusak, bawalah ke tukang service ini.

Kamu punya banyak koleksi buku? Buku emang keliatannya cuma kumpulan kertas yang dilem jadi satu, tapi sebuah buku bisa jadi sebuah kolksi berharga dan punya kenangan tersendiri. Buku kayak gini ini yang bakal kita sayang dan rawat. Tapi mau disimpan dan dirawat kayak apapun, suatu saat buku itu juga bakal mengalami yang namanya kerusakan.
Andaikan aja ada cara supaya buku-bukumu yang udah rusak itu bisa kembali seperti sedia kala.

Dan ternyata, ada caranya lho! Seorang warga Tokyo ahli "service" buku ini bisa membuat  buku kuno dan jadulmu bisa kembali seperti baru seolah baru kamu beli di toko buku!

Di salah satu episode video YouTube berjudul Shuri, Bakaseru (tukang reparasi yang mempesona), yang isinya selalu membahas orang yang punya spesialisasi khusus memperbaiki harta dan barang berharga lama dan jadul, diperkenalkanlah satu orang yang  telah memperbaiki buku-buku lama selama 30 tahun.

Dalam episode ini, yang akan di service adalah suatu kamus bahasa Inggris-Jepang milik seorang pelanggan yang diterimanya saat SMA dan lalu digunakan sepanjang masa pendidikannya dan hidupnya. Karena anaknya sekarang mau kuliha, dia berencana ngasih bukunya yang berharga ini, tapi bukunya udah tua, rusak dan usang. Supaya buku ini kembali "hidup baru", dia membawanya ke toko Okane di Suidobashi, Tokyo.





Inilah Nobuo Okano, si tukang service buku-buku lama supaya jadi baru.



Jadi Okano akan mengubah buku usang dan rusak kayak gini...



... jadi buku kayak gini!




Sebagai permulaan, Okano mengikis lem yang ada di punggung buku.





Kemudian, dia ngelem kertas yang udah sobek ke selembar kertas dan memotongnya sesuai ukuran buku.




Emang kertas yang baru itu bakal kontras banget ama kertas buku yang udah lama, tapi setidaknya halaman ini jadi lebih baik.




Salah satu proses yang paling lama dan membosankan adalah, ngelurusin sudut-sudut tiap halaman yang ketekuk kayak gini, satu-per-satu.



Dia pake jepit yang biasa digunakan buat kerajinan atau hobby, air, dan setrika kecil buat ngelurusin 2 ujung halaman yang ketekuk. Dan buku ini tebelnya 1000 halaman, dan butuh waktu 4 jam buat ngelurusin semuanya!




Setrika kecil kayak gini nih.



Dan sudut halamannya pun jadi rapi!



Dan ini bagian yang paling asyik. Gimana cara Okano supaya bisa ngilangin bagian tepi buku yang bewarna?



Dia cuma memotong bagian tepi buku tanpa menghilangkan bagian penting dalam isi buku. Selamat tinggal warna ungu, dan inisial mantan pacarnya dulu waktu SMA (YN).



Langkah terakhir adalah mengganti covernya. Cover aslinya udah rusak parah, jadi Okano membuat cover baru yang warnanya sama dan menempel judul dari buku aslinya.



Daaaan, inilah hasilnya! Nggak sempurna emang, tapi setidaknya buku ini masih punya perpanjangan nyawa.


Mungkin beberapa dari kamu dulunya nggak ngerawat bukumu dengan baik, atau memberi coretan stabilo dan bolpen di tepi bukunya. Tapi untung aja, dunia ini punya orang kayak Okano, yang bisa mengembalikan buku lamamu jadi baru.
Okano bukan hanya memberi kesempatan ke-2 bagi buku ini untuk hidup, tapi dia juga membuat pelanggannya bisa menyelamatkan kembali memori mengenai buku ini dan mewariskannya pada anaknya. Sungguh sangat menyentuh.

Walau video ini dalam bahasa Jepang, kamu bisa melihat prosesnya dari awal hingga akhir. Videonya sangat keren dan menarik untuk dilihat, bahkan kalo kamu nggak ngerti bahasa Jepang.



SOURCE